Mengenal Keluarga Gen Halilintar, Biodata dan Kisahnya

foto keluarga gen halilintar biodata gen halilintar lengkap kisah


Mengenal Lebih Dalam Mengenai Gen Halilintar - Mungkin kamu pernah mendengar yang namanya Gen Halilintar. Gen Halilintar bisa kamu temukan di YouTube, mungkin saja kamu pasti pernah melihat-lihat video yang ada di akun YouTube-nya.

Kalau dilihat dari channel Youtube-nya pasti kamu akan menemukan lagu-lagu cover maupun challenge ataupun keseruan yang menunjukkan sebuah keluarga beranggotakan sebelas anak.

Hal ini cukup menarik perhatian orang.

Dulunya, keluarga yang dikenal tajir mlintir ini dikenal sebagai keluarga yang memberikan motivasi dan inspirasi untuk berbisnis, apalagi mereka pernah keliling dunia sekeluarga.

Kekayaan keluarga Gen Halilintar tentu berasal dari kegigihan dan perjuangan Halilintar Anofial Asmid (Ayah) dan Lenggogeni Faruk (Ibu).

Nah yang jadi pertanyaan, apa sebenarnya Gen Halilintar itu? Biodata Gen Halilintar? Bagaimana kisah perjalanan hidup yang ada dalam Gen Halilintar? Bagaimana kisah keseharian di rumah nya?

Profil Gen Halilintar

gen halilintar muslim song buku gen halilintar
Keluarga Gen Halilintar saat berada di HitamPutih Trans7(https://www.youtube.com/watch?v=tr0zlcdN2-I)
Dikutip dari wikipedia, Gen Halilintar adalah nama atau julukan sebuah keluarga Indonesia yang unik serta inspiratif dan menimbulkan banyak kekaguman. Keunikan keluarga ini telah diekspos oleh berbagai media, baik cetak, maupun elektronik dalam bentuk talk show.

Keluarga berdarah Minangkabau, Riau ini menjadi terkenal setelah sang ibu menulis buku yang berjudul Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team pada awal 2015. Buku yang banyak diminati publik ini bercerita tentang keluarga Gen Halilintar yang telah melakukan perjalanan bisnis keliling dunia, ke 120 negara dengan memboyong seluruh anggota keluarga tanpa didampingi asisten atau pembantu.

Keluarga kompak ini beranggotakan 6 orang anak laki-laki, 5 anak perempuan dan 2 orang tua yang berprofesi sebagai pengusaha, yaitu Halilintar Anofial Asmid (ayah) lahir di Dumai dan Lenggogeni Faruk (ibu) lahir di Rumbai.

Anak Gen Halilintar lahir pada saat berbagai perjalanan bisnis orang tua mereka di berbagai negara.
Seperti yang telah saya utarakan diatas, keluarga ini memiliki channel Youtube sendiri, begitu pula dengan masing-masing sebagian besar anggota keluarganya.

YouTube keluarga ini memiliki jutaan subscribers, hingga berita ini ditulis, channel mereka sudah diikuti lebih dari 3,516,900 subscribers.

Setiap video yang diunggah selalu ditonton oleh jutaan orang, tentunya hal ini juga menarik pengiklan dan menghasilkan uang yang tak sedikit.

Oh iya, Mereka juga selalu menerapkan sistem jual barang apapun yang mereka pakai, makan dan apapun di sekitarnya.

"We sell, we promote what we eat, what we wear, what we use, what we utilize. Jadi kita kayak walking mannequin," motto dari Gen Halilintar menurut Geni.

Dan juga Tagline "My Family My Team".

Berikut ini rincian anggota keluarga Gen Halilintar.
  1. Halilintar Anofial Asmid (ayah, kelahiran 13 Oktober 1968)
  2. Lenggogeni Faruk (ibu, 29 Oktober 1972)
  3. Muhammad Attamimi Halilintar (Atta, 20 November 1994)
  4. Sohwa Mutamima Halilintar (Sohwa, 25 April 1996) 
  5. Sajidah Mutamimah Halilintar (Sajidah, 17 Juli 1997) 
  6. Muhammad Thariq Halilintar (Thariq, 29 Januari 1999) 
  7. Abqariyyah Mutammimah Halilintar (Abqariyyah, 13 Juli 2000) 
  8. Muhammad Saaih Halilintar (Saaih, 16 Maret 2002)
  9. Siti Fatimah Halilintar (Fatim, 26 September 2003)
  10. Muhammad Al Fateh Halilintar (Fateh, 25 Februari 2006)
  11. Muhammad Muntazar Halilintar (Muntaz, 20 Mei 2008)
  12. Siti Saleha Halilintar (Saleha, 1 Oktober 2010)
  13. Muhammad Shalaheddien El-Qathan Halilintar (Qahtan, 12 Agustus 2012)

Perjalanan Hidup Gen Halilintar hingga Sukses

Sang ayah, Halilintar Asmid yang semasa muda suka berpetualang yang ia singgahi seorang diri. Banyak ilmu tentang kehidupan yang ia dapatkan disana. Salah satunya di Uzbekistan.

Selama di Uzbekistan, ia menjadi tahu bahwa ternyata negara tersebut melahirkan banyak ilmuwan-ilmuwan besar. Seperti Ibnu Batutah, Aljabar, Ibnu Sina, para cendekiawan, penemu ilmu atom, perbintangan, dan sebagainya lahir dari sana. Halilintar muda heran bagaimana mereka bisa menjadi sehebat itu. Dan akhirnya ia mencari kunci sukses disana.

Saat pulang ke Indonesia, Halilintar Asmid (Pak Hali) menikahi Lenggogeni Faruk (ibu Gen), yang merupakan teman kuliahnya di Universitas Indonesia saat itu. Kala itu, Halilintar memasuki tahun ke empat jurusan elektro, sedangkan Gen tahun kedua jurusan ekonomi pada saat itu.

Dan mereka berasal dari daerah yang sama, yaitu Riau. Sejak menikah, tahun 1993 mereka berdua mulai menjalankan bisnis, berbagai negara mereka singgahi, bahkan menurut ibu Gen, hampir mencapai seratus negara, lima benua.
Pak Halilintar dan Bu Geni (wanita.me)

Konsep dari bisnis mereka simpel, menjual dagangan hingga ke berbagai negara.

Dari konsep pemikiran yang simpel namun menghasilkan pundi-pundi rupiah itu.

Di Prancis, mereka membuat butik dan kafe, dan di Australia ada usaha pertenakan kambing yang luasnya setara dengan kompleks UI.
keluarga gen halilintar jalan-jalan keliling dunia
Potret Gen Halilintar keliling dunia (wanita.me)
Menurut Ibu Gen, orang-orang dahulu sukses berkelana. Seperti Vasco Da Gama, Cheng Ho keliling dunia bukan dengan tangan hampa, tetapi membawa barang dagangan. Karena bisnis yang mengharuskan mereka berpindah-pindah, maka 4 anak diantaranya lahir di negara yang berbeda-beda, karena dalam keadaan hamil besar pun Gen tetap berpergian dengan pesawat.

Luar biasanya dari ibu Gen, walaupun menjalankan tugas sebagai ibu, dan menjalankan bisnis serta membawa bersama dengan semua anaknya tanpa bantuan asisten atau pun baby sitter.

Dan ia mampu menyelesaikan Ph. D di Universitas Selangor Malaysia, dan sang suami kini doctor di Malaysia.

Untuk pendidikannya bagi anak-anaknya, Gen Halilintar memiliki metode sendiri. Beberapa anaknya memang mengenyam pendidikan formal setingkat SMP. Tetapi, sebagian besar diterapkan pendidikan homeschooling plus. Anak-anak mereka diharuskan belajar selama dalam pelajaran bisnis kemana pun, seminggu penuh.

Menurut Ibu Gen, memberi pelajaran saat didalam mobil lebih mudah diserap dan lebih fokus. Bukan hanya tentang akademis, tetapi juga dengan non akademis, dan bisnis.

Anak pertama mereka, Atta sejak SD sudah bisa berdagang kerajinan, pop corn dan sandwich yang ia jualkan kepada teman-temannya di sekolah. Saat kelas 5 ia bisa membantu ayahnya memasarkan produk provider komunikasi.

Menginjak usia 12 tahun ia berjualan gadget secara online. Pada tahun berikutnya, ia jual-beli mobil, sampai konsumen tidak percaya bahwa yang menawarkan mobil kepadanya adalah anak berusia 13 tahun.

Dan kini Atta juga mempunyai usaha operator tour. Anak keduanya, memiliki usaha dalam bidang fashion dan usaha kuliner. Ide tersebut muncul selama melakukan perjalanan. Dan beberapa anak Gen Halilintar juga mempunyai Vlog yang suka menceritakan tentang keseharian mereka, dan membuat beberapa tantangan-tantangan di dalam Channel YouTube nya ‘Gen Halilintar’.

Semua kisah lengkap perjalanan hidup inspiratif Gen Halilintar telah ditulis ibu Gen dalam bentuk buku yang dapat dipesan di genhalilintarstore.com.

Rumah Gen Halilintar & Kesehariannya

Rumah Keluarga Gen Halilintar jakarta
Rumah Keluarga Gen Halilintar
Keluarga Gen Halilintar tinggal dalam sebuah rumah besar bertingkat 3 di daerah kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan.

Rumah mereka terdiri dari banyak kamar, ruangan gudang dan tempat menjalankan bisnis. Ruang keluarga dijadikan multifungsi, selain tempat bercengkrama, dan bisa dipakai untuk makan bersama, shalat berjamaah, dan sebagai ‘laboratorium’ untuk belajar bisnis dan tempat pelatihan kerja.

Di rumahnya juga ada seperti kolam renang maupun lift.

Setiap petang, jika mereka sedang di Indonesia, ruangan tersebut digunakan untuk shalat magrib berjamaah, dan dilanjutkan untuk tadarus al-qur’an. Sehingga suara orang mengaji terdengar ramai disana.

Untuk keseharian dan perilaku anak sangat menghormati orang tua mereka. Dan sesama anak selalu sopan dalam berbicara, walaupun anak tertua kepada yang lebih muda. Dalam urusan tugas rumah, seluruh anak sudah dibiasakan untuk mandiri dan menjalankan tugas seperti management hotel. Ada yang berperan sebagai chef, operator laundry, house keeping, dan operator lainnya.

Akan tetapi, saat ini anak pertama Atta sudah mempunyai rumah sendiri yang juga tinggal di sekitar kawasan pondok indah. Yang cukup mengesankan, Atta sendiri membeli rumah dengan uang miliknya sendiri.

Mengunjungi Rumah Gen Halilintar

suasana dalam rumah gen halilintar mengunjungi
Suasana ruang tamu rumah Keluarga Gen Halilintar di bilangan Pondok Indah, Jakarta (KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo)
Dikutip dari KompasTravel (22/1/2016), Suara riuh ramai mulai terdengar. Tampak Halilintar dan Lenggogeni duduk di sofa dengan mata mengawasi para buah hati yang berjumlah 11 orang tengah sibuk dengan kegiatannya masing-masing.

Siti Fatimah Halilintar dan Siti Saleha Halilintar tampak sedang menggambar. "Kegiatan pagi ada morning briefing. Ini persiapan bikin kado buat Oki Setiana Dewi. Saleha lagi menyiapkan gambar. Dia menghadiahkan gambar," kata Halilintar.

Sementara di sisi kanan Halilintar dan Lenggogeni duduk, Muhammad Saaih Halilintar dan Abqariyah Mutammimah sedang duduk memandang komputer yang menampilkan aplikasi perangkat lunak pengolah gambar.

Di meja komputer, tertumpuk beberapa portable hardisk. Abqariyah mengarahkan telunjuknya ke layar komputer seraya berbincang dengan Saaih. "Mereka berdua yang fotografer dan videografer. Mereka yang mengedit foto dan video untuk youtube, reality show, dan juga wartawan. Kalau lagi traveling, mereka jadi kameramen," jelas laki-laki lulusan Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan semangat.

Di ruang utama, terdapat sofa dengan dua televisi layar datar yang membujur di atas meja. Di dinding, kenangan-kenangan liburan keluarga Gen Halilintar terpaku lewat foto. Bingkai-bingkai foto kenangan yang diambil di berbagai negara merangkum perjalanan sepasang suami istri serta 11 orang anak.

Rumah Gen Halilintar terdiri dari tiga tingkat. Rumah besar tersebut dihuni oleh 13 orang. Selain kamar-kamar tidur anak-anak, ada beberapa ruangan untuk gudang dan kepentingan usaha. Ada pula kolam renang di dalam ruang tengah. Saking besar rumahnya, Halilintar dan Linggogeni menggunakan pengeras suara untuk berkomunikasi dengan anak-anak.

Sajidah Halilintar tampak sibuk dengan peralatan masak. Sesekali ia membuka alat pemanggang, oven untuk memasukan kue-kue yang sedang dibuat. Ia juga tengah menyiapkan masakan untuk para adik-adiknya. "Sajidah yang ngurusin memasak. Pas perjalanan juga dia yang masak. Memastikan bahan-bahan yang diperlukan," tambah Lenggogeni.

Jelas terlihat sebuah struktur pembagian kerja di keluarga Gen Halilintar. Sohwa Mutamina Halilintar dipercaya untuk mengurus urusan pakaian di rumah maupun perjalanan. Ia memiliki ruang kerja di lantai tiga dengan tiga buah mesin cuci dan 13 keranjang pakaian sesuai dengan namanya. "Nah Sohwa yang urusan kebutuhan bawaan ketika traveling. Kalau di rumah, dia yang bertanggung jawab untuk mencuci, jemur, dan mengeringkan," ungkap Halilintar.

Tanpa pengasuh, tanpa pembantu, tanpa baby sitter, pasangan suami istri (pasutri) berdarah Minang ini pergi berkeliling dunia. Tiga benua telah berhasil diinjak oleh keluarga besar ini. Mereka pun pergi tanpa bantuan agen perjalanan alias merancang perjalanan liburan secara mandiri.

Simak Juga Video Our Life singkat perjalanan hidup Gen Halilintar berikut..

Sumber Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Gen_Halilintar
https://www.wanita.me/keluarga-gen-halilintar/
https://www.youtube.com/watch?v=tr0zlcdN2-I
https://travel.kompas.com/read/2016/01/23/162100427/Terkuak.Kunci.Sukses.Pasutri.Keliling.Dunia.Bersama.11.Anak. 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Keluarga Gen Halilintar, Biodata dan Kisahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel