Tips Memilih Nama Domain yang Keren Untuk Blog

Tips Memilih Nama Domain yang Keren Untuk Blog - Nama domain merupakan salah satu hal penting jika ingin membangun sebuah blog.

Banyak blogger pemula atau pemilik website yang masih awam dengan media online sehingga asal-asalan dalam memilih nama domain.

Untuk mendapatkan traffic pengunjung, dibutuhkan nama domain yang keren dan juga mudah diingat para pengunjung blog kita.

Nah, dalam hal ini Anda jangan khawatir, kali ini Saya akan memberi tahu kamu beberapa tips dalam memilih nama domain untuk website atau blog.

  • Gunakan Nama Domain Unik

Pilih nama domain yang terkesan unik dan berbeda dengan nama domain yang umum di internet. Contohnya saja Anda ingin membikin blog dengan konsep teknologi, maka sebaiknya jangan menggunakan domain dengan nama tekno sebab memang sudah banyak blog yang memakai domain tersebut.

  • Domain yang Mudah diingat

Pilihlah nama domain yang mudah diingat semua orang, mudah diucapkan dan juga diketik. Hal ini sangat penting agar para pengguna internet bisa dengan mudah mengetikkan alamat website Anda di mesin pencari. 

Nama domain yang mudah diingat juga memudahkan pengguna Internet agar tidak akan membingungkan. Nah, agar domain kita mudah diingat, selalu hindari penggunaan simbol, tanda penghubung dan angka yang tidak jelas dan jangan pula menggunakan nama domain yang panjang, karena akan menyulitkan pengguna internet untuk mengingat-ingat nama domain blog Anda.

  • Gunakanlah Brandable Domain

Para blogger biasanya menggunakan Exact-Match Domain atau EMD yang merupakan sebuah domain yang menargetkan kata kunci untuk dapat memperoleh peringkat tertinggi di mesin pencari. Misalnya Anda ingin menargetkan kata kunci “Es Kepal Milo” , nah Anda bisa menggunakan Exact-Match Domain “www.es-kepal-milo.com

Saya sarankan untuk memilih menggunakan brandable domain ketimbang menggunakan domain yang semata-mata untuk mengejar keyword.

Exact-Match Domain sudah tidak begitu berpengaruh besar terhadap peringkat di mesin pencari, khususnya Google. Apalagi, Exact-Match Domain sangat identik dengan web-web spam dan juga web-web berkualitas rendah.

  • Domain Tidak mengandung Trademark

Jangan menggunakan trademark produk atau barang dagang orang lain. Penggunaan trademark tanpa izin pemiliknya bisa membuat Anda bermasalah dengan kasus hukum. Apalagi, tuntutan denda untuk penggunaan trademark atau nama merek dagang tanpa seizin pemiliknya bisa sangatlah besar. 

Misalnya saja Anda punya domain mbahgoogle.com, bisa saja nanti pihak Google menghubungi Anda untuk menuntut denda 500juta karena menggunakan trademark mereka tanpa izin.

  • Jangan Pakai Domain Gratisan

Hindari penggunaan domain gratis, seperti .TK, .ML, .CF dan lain lain. Penggunaan domain gratis seringkali dipakai oleh website atau blog spam. Sehingga memungkinkan website atau blog Anda akan di banned suatu saat nanti apabila dianggap sebagai spam yang mengganggu pengguna internet oleh Google. Selain itu, domain gratis juga terkesan tidak profesional dan tepercaya.

  • Gunakan ekstensi Domain .COM, .NET, atau ccTLD

Usahakan memilih domain dengan ekstensi .COM. Alasannya karena ekstensi domain ini adalah yang paling populer di internet sampai sekarang.

Jika Anda tidak menemukan nama domain yang pas dengan ekstensi .COM, alternatifnya dapat menggunakan ekstensi .NET.

Jikalau .COM dan .NET tidak ada yang pas, alternatif ketiga adalah dengan menggunakan ccTLD.

Nah, Apa itu ccTLD? ccTLD adalah singkatan dari Country Code Top-Level Domain, sebuah ekstensi domain yang dikhususkan untuk sebuah Negara tertentu. Misalnya saja .ID = Indonesia, .DE = Jerman dan lain lain.

  • Pilihlah Penyedia Domain yang Berkualitas

Tips terakhir adalah pastikan jika tempat Anda membuat nama domain sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik. 

Banya blogger yang biasanya mencari domain murah atau diskon gede-gedean tetapi penyedia layanan domain tidak memiliki reputasi yang cukup baik atau kurang terpercaya.

Dalam hal ini saya menyarankan Anda menggunakan layanan dari Exabytes.co.id sebagai salah satu penyedia nama domain terpercaya yang sangat saya rekomendasikan.

Saya jamin 100% Exabytes adalah penyedia layanan terpercaya dan terbaik karena:
  1. Banyak yang make pastinya.
  2. Sudah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun.
  3. Banyak sekali promo domain ataupun hosting setiap bulan. Cek Promo Exabytes.
  4. Harga domain murah terpercaya, salah satunya ada program untuk blogger domain .COM hanya sekitar 10Ribu!
  5. Sudah diakreditasi oleh ICANN
  6. Network Uptime 99,9% & Server Uptime 99,5%
  7. Pembayaran sangat mudah, Anda bisa membayar lewat Alfamart jika Anda malas pergi ke bank/ATM untuk transfer.
  8. Jika Anda butuh bantuan, ada technical support yang akan membantu(24jam).
Screnshoot Promo Exabytes bulan Juli 2018

Apabila Anda mencari domain, kunjungi  Exabytes.co.id saja karena sudah terbukti terpercaya dan layanan nya juga bagus.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk semua. Jangan lupa share ya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Nama Domain yang Keren Untuk Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel