Rekomendasi Film Dokumenter Tentang Bumi dan Alam semesta [Part 1]

Film Dokumenter Tentang Bumi dan Alam semesta Terbaik - Jika kalian bosan dengan film pocong-pocongan, atau sitnetron, maka sudah saatnya kalian meningkatkan kadar kecerdasan kalian dengan menambah pengetahuan melalui film science tapi ringan dan mudah dicerna dan yang paling penting adalah bisa menghibur kita juga.

Film dokumenter adalah film yang menyanjikan suatu keadaan mencakup bermacam aspek kehidupan, karena bersumber dari kenyataan tentunya mudah sekali untuk kita bisa memahami hal tersebut.

Cobalah menonton film dokumenter tentang bumi dan alam semesta ini, karena ada hal yang cukup unik dan menarik serta akan menambah wawasan kamu.

Nah, Berikut ini rekomendasi film dokumenter tentang bumi & alam semesta yang sayang banget kalian lewatkan yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • HUMAN PLANET (2011)

IMDb Rating : 9.2 / 10

Terdiri dari 8 episode, menghabiskan waktu syuting selama 3 tahun di lebih dari 70 cerita dan sebagian dilakukan di lokasi-lokasi yang begitu jauh dan terpencil di berbagai belahan bumi dan di 40 negara.

Masing-masing episode memfokuskan pada lingkungan yang ditinggali oleh manusia, termasuk gurun, hutan, antarktik, padang rumput, sungai, pegunungan, samudera dan perkotaan. Human Planet juga memenangkan penghargaan 7 BAFTA Television Craft Awards di tahun 2011. Harus nonton nih!

  • THE BLUE PLANET (2001)

IMDb Rating : 9.2 / 10

Film dokumenter bikinan BBC ini bisa dibilang epic sekali lho.., pertama ditayangkan pada 12 September 2001 di Inggris dan dengan narasi David Attenborough yang juga legendaris itu. 

Disebutkan sebagai seri dokumenter paling komprehensif khususnya untuk dunia lautan, masing-masing episode nya mengajak kita untuk mempelajari tentang banyak aspek dalam kehidupan bawah laut. Fotografi bawah air dari makhluk penghuni laut dan perilakunya yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. Film ini juga memenangkan multipel Emmy dan BAFTA award untuk musik dan sinematografi. Harus nonton nih!

  • PLANET EARTH (2006)

IMDb Rating : 9.5 / 10

Another Epic film from BBC! Planet Earth menghabiskan 5 tahun dalam pembuatannya, ini adalah film dokumenter paling mahal yang pernah dibuat BBC dan juga yang pertama ditayangkan dalam resolusi HD. 

Pertama ditayangkan pada 5 Maret 2006 di Inggris lewat channel BBC One, dan pada bulan Juni 2007 telah ditayangkan di 130 negara. Terdiri atas 11 episode, masing-masing menampilkan pandangan global dari bermacam habitat di bumi, dan di akhir tiap episode nya ada bonus 10 menit yang memperlihatkan behind the scene nya berikut kesulitan-kesulitan dan tantangan yang dihadapi oleh kru selama pembuatan film. Harus nonton nih!

  • HOME (2009)


IMDb Rating : 8.6 / 10

Home adalah sebuah film dokumenter yang dibuat oleh Yann Arthus-Bertrand. Pada film ini, hampir seluruhnya adalah "aerial shots" atau pengambilan gambar lewat udara dari berbagai tempat di Bumi. Film ini menunjukkan keanekaragaman kehidupan di Bumi dan bagaimana manusia mengancam keseimbangan ekosistem dari planet ini. 

Pertama kali ditayangkan premier di Dawn Breakers International Film Festival pada tahun 2012. Sebelum penayangan perdana di festival tersebut, film ini telah dirilis secara serentak pada 5 Juni 2009 di bioskop di seluruh dunia, dalam DVD, Bluray, televisi dan Youtube, dan telah ditayangkan di 181 negara.

  • FROZEN PLANET (2011)

IMDb Rating : 9.2 / 10

Tujuh episode dari film ini memfokuskan pada kehidupan dan lingkungan di kedua kutub bumi, Arktik dan Antartika. Dan juga menunjukkan dampak dari perubahan iklim, dan mempengaruhi keadaan topografinya seperti geyser, dan perluasan lautan es. Dan lagi, film ini juga dinarasi oleh David Attenborough. 

  • COSMOS: A SPACETIME ODYSSEY (2014)

IMDb Rating : 9.4 / 10
Salah satu yang Epic lagi nih! Cosmos, adalah film dokumenter serial televisi bikinan Amerika. Film ini adalah bentuk "follow-up" dari serial Cosmos: A Personal Voyage tahun 1980 yang dibawakan oleh Carl Sagan dan merupakan kesuksesan besar dalam dokumenter ilmiah. 

Film ini dikembangkan lagi untuk membawa kembali pondasi sains ke jaringan televisi. Dengan menggandeng Astrofisikawan Neil de Grasse Tyson, yang juga terinspirasi dari oleh Carl Sagan. Menuai kesuksesan besar seperti serial pendahulunya, cosmos juga memenangkan penghargaan Peabody Award untuk kontennya yang mendidik. Harus nonton nih!

  • THE UNIVERSE (2007)


the universe 2007 film
IMDb Rating : 8.9 / 10

Jangan kaget kalau ternyata film dokumenter epic yang satu ini terdiri atas 9 season dan dengan total 88 episode!

The Universe adalah dokumenter seri bikinan negeri paman sam yang ditayangkan di televisi pertama kali pada 29 Mei 2009 di History Channel, film ini menampilkan CGI dari bermacam benda langit di alam semesta plus wawancara dan penjelasan dari para ahli yang bergerak di bidang kosmologi, astronomi dan astrofisika. Ada banyak peristiwa dan benda-benda langit yang dibahas di film ini jadi bisa dibilang mungkin sebagian besar pertanyaan yang ada di benak kita tentang banyak hal soal astronomi dan sejenisnya, bisa kita temukan jawabannya disini.

  • EARTH FROM ABOVE (2006)

IMDb Rating : 8.7 /10

Film "Earth From Above" menyuguhkan pesona berbagai penjuru Bumi yang indah kepada pemirsa. Setiap episode berbicara tentang tantangan lingkungan tertentu.

Baca Kelanjutannya di Part 2 Link Ini

Sumber: BBC, https://www.facebook.com/photo.php?fbid=309550186279544&set=pcb.261455291212490&type=3&theater, dll

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rekomendasi Film Dokumenter Tentang Bumi dan Alam semesta [Part 1]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel