Inilah 7 Hewan Terkecil di Dunia yang Perlu kamu Ketahu!

tikus hewan terkecil di dunia
Tikus Suncus etruscus di letakkan di tangan
Inilah 7 Hewan Terkecil di Dunia - Seperti yang kita ketahui, bumi itu luas. Ada berbagai macam kehidupan disana, sehingga dikelompokkan seperti yang dikenal saat ini adalah sistem klasifikasi mahkluk hidup lima kingdom, salah satunya ialah kingdom animalia (hewan/binatang).

Hewan banyak sekali jenisnya, mempunyai banyak keunikan yang sangat unik tersebar di seluruh wilayah bumi. Baik, ada yang hidup di air dan di darat dengan ukuran tubuh yang berbeda-beda, ada hewan terkecil maupun hewan terbesar.

Pada artikel kali ini, Corekan.com akan membahas salah satu keunikan hewan yaitu ukuran tubuh hewan yang sangat kecil di dunia (hewan terkecil di dunia) selain semut, yang mungkin belum kamu ketahui.

Nah, Berikut ini daftar hewan dengan ukuran tubuh terkecil di dunia sepanjang sejarah, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

5 Hewan Terkecil Di Dunia

berikut ini daftar hewan yang terkecil dari beberapa macam hewan kecil di dunia.

  • 1.  Paedophryne amauensis

katak terkecil dunia
P. amauensis diatas uang Dime (10 sen dolar AS) (diameter 18 mm) (source: wiki commons)
Paedophryne amauensis merupakan spesies katak dengan panjang kurang lebih 7,7 mm (0.3 inch). Hewan ini juga disebut makhluk vertebrata terkecil. Pertama kali ditemukan di New Guinea pada tahun 2009, ini adalah spesies yang relatif baru yang bahkan belum memiliki nama umum. Ditemukan di hutan rawa gambut di Pulau Sumatera di Indonesia dan dapat bertahan dalam kekeringan ekstrem.

  • 2. Paedocypris

ikan terkecil di dunia
source: wiki commons
Dengan ukuran hanya 0,3 inci (7,9 mm), Paedocypris adalah ikan terkecil. Ditemukan di hutan rawa gambut di Pulau Sumatra,  Indonesia, mereka dapat bertahan hidup di musim kemarau panjang, sebagian karena ukurannya yang sangat kecil.

  • 3. Slender Blind Snakes 

ular paling kecil dunia
(source: Wikipedia)
Slender Blind Snakes atau Leptotyphlopidae merupakan ular paling kecil di dunia. Hewan tersebut memiliki panjang sebelas centimeter dan ditemukan di Utara dan Selatan Amerika, Afrika dan Asia. Ada 87 spesies yang berbeda dari ular ini.

  • 4. Kitti's Hog-Nosed Bat

(source: Wikipedia)
Kitti's Hog-Nosed Bat atau Bumblebee Bat atau nama latinnya Craseonycteris thonglongyai dari Thailand dan Burma merupakan kelelawar terkecil dengan ukuran panjang 30-44 milimeter serta berat 1,5 hingga 2 gram. Ukuran hewan ini kira-kira sama dengan  lebah serta memiliki moncong mirip babi.

  • 5. Bee Hummingbird

source: wiki commons
Bee Hummingbird (Mellisuga helenae) merupakan burung terkecil dan vertebrata berdarah panas terkecil. Ukuran burung ini yakni 5,7 centimeter untuk panjang dan berat 1,8 gram. Sementara itu, ukuran sarangnya setinggi 2 centimeter dan lebar 3 centimeter.

  • 6. Speckled Padloper Tortoise

hewan terkecil di dunia
source: wiki commons
Jenis kura-kura, Speckled Padloper Tortoise (Homopus signatus) dari Afrika Selatan memiliki ukuran panjang tubuh 6-8 centimeter. Ukuran tersebut untuk kura-kura jantan, sementara betina memiliki panjang hampir 10 centimeter.

  • 7. Tikus Etruscan

source: wiki commons
Tikus Etruscan ( Suncus etruscus ), juga dikenal sebagai Etruscan Pygmy Shrew dan White-toothed Pygmy Shrew, beratnya hanya 1,2-2,7 gram. Itu menjadikannya mamalia terkecil di dunia ketika diukur berdasarkan berat, tetapi, pada 36–53 mm, ia kalah dengan kelelawar bumblebee untuk panjang terkecil. Bukan segalanya tentang tikus Etruscan yang kecil sekalipun; Otaknya adalah yang terbesar dalam rasio terhadap berat badan semua hewan, bahkan lebih besar daripada manusia!

Sumber referensi :
https://techno.okezone.com/read/2017/10/28/56/1804253/daftar-hewan-terkecil-di-dunia-apa-saja https://onekindplanet.org/top-10/top-10-worlds-smallest-animals/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 7 Hewan Terkecil di Dunia yang Perlu kamu Ketahu!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel