Inilah Daftar Hewan Terbesar Di Dunia Saat Ini! Mulai dari Mamalia, Burung, Amphibi, Pisces, Reptil

hewan terbesar di dunia
Inilah Hewan Terbesar di Dunia - Seperti yang kita ketahui, bumi itu luas. Ada berbagai macam kehidupan disana, salah satunya hewan (animalia).

Hewan banyak sekali jenisnya, mempunyai banyak keunikan yang sangat unik tersebar di seluruh wilayah bumi. Baik, ada yang hidup di air dan di darat dengan ukuran tubuh yang berbeda-beda, ada hewan terkecil maupun hewan terbesar.

Baca Juga: Inilah 7 Hewan Terkecil di Dunia

Pada artikel kali ini, Corekan.com akan membahas salah satu keunikan hewan yaitu ukuran tubuh hewan yang sangat besar di dunia (hewan terbesar di dunia), mungkin hewan-hewan ini seperti raksasa bagi kita.

Namun juga ada beberapa hewan yang umumnya mempunyai ukuran tubuh kecil atau sedang, ditemukan mempunyai ukuran tubuh melebihi batas normal. Hewan-hewan ini ada yang masih hidup dan ada yang hampir punah.

Nah, Berikut ini daftar hewan dengan ukuran tubuh terbesar di dunia serta foto hewan terbesar di dunia sepanjang sejarah, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar Hewan Terbesar di Dunia

Dikutip dari wikipedia tentang hewan terbesar di dunia. Dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya seperti mamalia, reptil, burung(aves), ampibi dan lain-lain..

Hewan Terbesar di Dunia : Paus Biru

paus biru
Koloni paus biru tebesar dulu ada di Antartika tapi hampir mengalami kepunahan karena diburu (source:2009PHOTOLIBRARY.COM)
Hewan ini bernama Paus biru dengan nama spesies Balaenoptera musculus merupakan mamalia dari klasifikasi pisces(ikan). Paus biru memiliki panjang lebih dari 30 meter dan memiliki berat sekitar 110 - 190 ton atau lebih, paus biru ini dipercaya sebagai hewan terbesar di dunia yang masih ada.

Lidah paus biru memiliki berat sekitar 2.7 metrik ton, sekitar berat rata-rata gajah asia, dan hati paus biru memiliki berat sekitar 600 Kilogram.

Paus biru banyak ditemui di semua samudra di Bumi sampai perburuan paus hampir membuatnya punah. Larangan perburuan yang pada tahun 1966 telah menyelamatkan spesies ini. Sekarang, diperkirakan ada sekitar 10.000 sampai 25.000 ekor paus biru, namun karena sifatnya yang suka menyendiri sulit untuk mengetahui jumlah pastinya, meskipun dengan ukuran yang luar biasa.

Hewan Darat Paling Besar di Dunia : Gajah-gajah Afrika

Gajah afrika adalah mahluk darat paling terbesar di dunia. Gajah Afrika jantan bisa mencapai tinggi 6 sampai 7.5 meter dan memiliki berat sekitar kurang lebih 6000 kilogram/ 6 ton. Gajah afrika betina  mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil, gajah afrika betina hanya bisa mencapai tinggi 5.4 - 6.9 meter dan berat hanya sekitar 3 ton.

Biasa ditemukan di Afrika Sub-Sahara termasuk Kenya, Tanzania, Botswana, Zimbabwe, Namibia , dan Angola. Sementara mereka mendiami dataran utama dan padang rumput, mereka juga dapat ditemukan di hutan, hutan lebat, lereng gunung, pantai samudera, dan gurun semi-kering. Mulai dari ketinggian permukaan laut hingga pegunungan tinggi.

Bisa kebayang nggak seberapa besar nya? Nah, berikut fotonya..
hewan darat paling besar di dunia gajah afrika
Gajah Afrika (source:bintang.com)

Hewan Darat Paling Tinggi di Dunia : Jerapah

Jerapah (Giraffa camelopardalis) ialah salah satu hewan afrika yang memiliki gelar hewan paling tinggi di dunia, hewan ini memiliki tinggi sekitar 5-6 meter dan mempunyai berat badan rata-rata sekitar 1600 Kg untuk jantan dan 830 Kilogram untuk jerapah betina. Jerapah mempunyai leher yang amat sangat panjang, dapat mencapai lebih dari 2 meter, pertumbuhan leher yang  tidak proporsional ini adalah salah satu adaptasi menakjubkan yang dilakukan oleh jerapah.

Zulu, nama salah satu jerapah di dunia, ketinggiannya yang mencapai sekitar 5,7 meter (19 kaki) membuatnya 1,2 meter lebih tinggi dari rata-rata tinggi jerapah yang ada. Zulu, bertempat tinggal di Kebun Binatang Folly Farm. Berikut foto si Zulu yang tinggi banget...
zulu, jerapah tertinggi di dunia

Reptil Terbesar di Dunia : Buaya Air Asin

buaya air asin reptil terbesar di dunia
Buaya Air Asin dengan nama spesies Crocodylus porosus adalah hewan reptil terbesar dari semua jenis reptil yang masih hidup, hewan ini ditemukan dari Australia Utara terus  sampai Asia Tenggara dan India Selatan.

Seekor buaya air asin dewasa memiliki massa 409-1000 Kilogram dan memiliki panjang normalnya 4.1 - 5,5 meter. Buaya air asin jantan yang sudah dewasa dapat mencapai 6 meter dan memiliki berat lebih dari  100 Kilogram. Buaya air asin merupakan hewan yang berburu di daerah teritorinya saja dan memangsa hewan yang masuk  ke daerah kekuasaannya, baik di air maupun darat.

Amphibi Terbesar di Dunia : Salamander China

hewan amphibi terbesar di dunia
Salamander adalah nama umum bagi sekitar 550 spesies amfibi. Mereka secara umum di cirikan oleh penampilan mirip kadal, dengan tubuh ramping, hidung pendek, dan ekor yang panjang.

Amphibi terbesar ialah Salamander china (Andrias davidianus), hewan ini dapat mencapai tinggi 180 centimeter. Walaupun demikian, sudah sangat jarang ditemukan salamander sebesar ini. Endemik di gunung batu china dan danau di China  menyebabkan hilangnya habitat hewan ini, polusi dan perburuan ilegal  yang membuat hewan ini hampir punah.

Ular Paling Besar di Dunia : Anakonda Hijau

ular terbesar di dunia
Ular terbesar yang pernah hidup ialah Anakonda Hijau (Eunectes murinus) yang hidup di sungai di daerah tropis, Ukuran terbesar dari Anakonda Hijau mempunyai panjang 7,5 meter dan berat 250 Kilogram. Tentu saja, apa yang kita lihat di film  jauh lebih besar daripada berat aslinya.

Burung Terbesar di Dunia : Struthio camelus
burung unta : burung terbesar di dunia

Burung unta (Struthio camelus) merupaakan burung (aves) terbesar yang hidup di dunia. Dengan berat rata-rata 104 kilogram dan tinggi rata-rata 2,1 meter. Burung unta dapat berjalan dengan kecepatan tinggi. Burung unta dapat bertelur dengan berat terbesar sekitar 1,4 kilogram. Secara historis burung unta ialah burung Afrika. Tetapi, burung ini juga ditemukan di Australia dan Amerika.

Burung unta mengkonsumsi terutama buah, rumput, bunga dan bahkan reptil seperti ular, kadal  ketika sesekali tersedia. Burung unta jantan mempuyai peran penting, karena membantu membangun sarang , mengerami telur dan menjaga  anak-anaknya.

Banner: Daftar 5
Sumber Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Largest_organisms http://dun-hew.blogspot.com/2015/04/hewan.terbesar.di.dunia.html https://www.brilio.net/news/kenalkan-zulu-jerapah-yang-disebut-paling-tinggi-di-dunia-160105j.html https://www.vebma.com/hewan/Burung-Terbesar/2658

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Daftar Hewan Terbesar Di Dunia Saat Ini! Mulai dari Mamalia, Burung, Amphibi, Pisces, Reptil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel